Modifikasi Honda CB150R Exmotion Thailand (Dan Spesifikasi Lengkap Honda CB150R Exmotion)

Honda CB150R Exmotion baru saja dilaunching oleh Honda AP Thailand. Dengan harga 39 juta-an Honda CB150SS Racer ini pun dilepas dengan beberapa pilihan warna. Yang cukup menarik adalah saat diperkenalkan, motor ini sudah didisplay dengan beberapa pilihan modifikasi. Ini seperti klue dari Honda AP Thailand bahwa motor ini sangat “customable”.
Modifkasi Honda CB150R Exmotion
Cafe Racer Honda CB150R Exmotion
Dalam pilihan warna, Honda CB150R Exmotion a.k.a Honda CB150SS Racer tersaji dalam tiga pilihan warna.
Pilihan Modifikasi Honda CB150R Exmotion Thailand ini tersaji dalam beberapa pilhan. Mulai dari modifikasi ringan yang bermain di sektor warna, modifikasi printilan dan aksesoris hingga modifikasi atau custom yang mengubah penampilan motor.
Honda CB150R Exmotion Modification White
Honda CB150R Exmotion Cafe Racer White
Salah satu modifkasi Honda CB150R Exmotion yang cukup menyita perhatian adalah Honda CB150R Exmotion ala neo cafe racer. Fairing membulat ala tahun 80-an sangat serasi dengan headlamp bawaan yang sudah bulat. Buntut tawon yang menjadi ciri khas cafe racer dibentuk dengan sangat rapi meski tidak permanen (bisa dicopot).
Tak ketinggalan jok seat single berundak ala motor balap tempo dulu. Permainan warna putih dengan garis merah minimalis menambah kesan old school pada motor ini. Tapi jika melongok ke bagian bawah fairing, jelas motor ini bukan dari era 80-an.
Honda CB150R Exmotion custom
Jok Berundak ala Cafe Racer Honda CB150R Exmotion
Terlihat aura modern di sektor mesin, exhaust, knalpot , swing arm, suspensi dan frame. Perpaduan unsur modern dan old school tersaji dengan sangat manis di Honda CB150R Exmotion ini. Tampilannya seakan memanggil dengan keras siapa saja untuk segera duduk dan melakukan test ride.
Untuk sektor mesin, dalam modifikasi Honda CB150R Exmotion kali ini tidak ada perubahan apa pun yang dilakukan .Semuanya dibiarkan standard. 

Berikut spesifikasi Honda CB150R Exmotion :
Tipe Mesin - 4 tak, DOHC, Single silinder 4 klep, berpendingin cairan
Kapasitas Mesin - 149 cc
Bore x Stroke - 57.3 mm x 57.8 mm
Rasio Kompresi - 11.3::1
Pengabut Bahan Bakar - PGM-FI
Starter – Elektrik
Pengapian - Advance control system
Transmisi - Manual, 6 Speed
Kopling Tipe - basah, multi plat
Tipe Rangka - Diamond Frame
P x L x T - 822 mm x 1,973 mn x 1,053
Ground Clearance - 139 mm
Tinggi Jok - 795 mm
Jarak sumbu - 1296 mm
Kapasitas Tanki - 8,5 liter BBM
Berat - 123 kg(125 kg versi ABS)
Ukuran Ban Depan - 110 / 70-17 M / C 54H
Ukuran Ban belakang - 150 / 60-17 M / C 66H<
Suspensi depan - Upside down 41 mm
Suspensi Belakang – Monoshock
Rem depan - Cakram Radial 296 mm
Rem Belakang - Cakram 220 mm
Harga Honda CB150R Exmotion atau Honda CB10SS Racer adalah 39 juta rupiah.

Beranikah AHM Memboyong Honda CB150SS Racer ke Indonesia ?
Honda CB150SS Racer atau yang dinamai Honda CB150R Exmotion sudah resmi meluncur di Thailand. Motor yang menghabiskan dana cukup besar untuk pengembangannya ini dilepas dengan harga cukup kompetitif. Dengan harga termurah 99.800 baht atau setara dengan 39,9 juta rupiah, dan varian termahal dibanderol 109.800 baht atau setara 43,9 juta rupiah.
Honda CB150R Exmotion Warna Merah
Honda CB150R Exmotion Warna Merah
Hingar bingar kelahiran motor ini tak hanya dirasakan oleh biker Thailand. Biker tanah air pun merespon dengan berbagai harapan. Tak sedikit pula yang tak sabar agar AHM turut memboyong motor ini ke tanah air. Dengan model anti mainstream, jelas bisa memberi warna di kelas 150cc yang sudah berdarah-darah.
Namun sayang masbro, mau greget jungkir balik pun keputusan tetap di tangan AHM. Bagi yang kebelet ingin meminang nampaknya harus mengelus dada dan banyak bersabar. Konon AHM belum berniat mendatangkan varian ini ke tanah air.
Pilihan Warna Honda CB150R Exmotion
Honda CB150R Exmotion Putih
Alasannya sangat masuk akal, namun bisa membuat anda jengkel. Menurut AHM, motor ini tidak begitu memiliki ceruk pasar yang menjanjikan. Motor yang diidentikkan sebagai pesaing Yamaha Xabre ini dinilai tidak akan memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan.
Alasannya sangat sederhana, mereka melihat penjualan Yamaha Xabre yang terbilang lesu di kelas sport 150cc. Tak bisa dipungkiri, Yamaha Xabre memang hanya mampu terjual sebanyak 3.300 unit hingga Juli 2017. Jika dirata-ratakan , Xabre hanya terjual 470 unit perbulan.
Honda CB150R Exmotion Warna Kuning
Varian Warna Honda CB150R Exmotion
Jelas angka 470 unit bukan angka yang menggiurkan untuk pabrikan sekelas AHM. Namun, bukankah penjualan motor tak semata-mata tentang angka penjualan. Mari kita lihat pabrikan geng ijo -  Kawasaki yang selalu setia membuka pangsa pasar baru. Mereka dikenal sebagai pionir di segmen-segmen yang tak dilirik oleh pabrikan lain. Dan hasilnya, tak jarang mereka menjadi pemimpin di segmen baru, meskipun kemudian diobok-obok oleh pabrikan lain.

Namun, masbro tak perlu patah semangat. Bisnis itu dinamis, hari ini ngomong “tidak”, entah besok-besok bisa lain lagi. Jika Honda CB150SS Racer tak diboyong ke tanah air, setidaknya kita bisa menjadikannya acuan modifikasi. Tangan-tangan terampil modifikator kita tak kalah hebat dengan desainer Honda AP Thailand.
Modifikasi Honda CB150R Exmotion Thailand (Dan Spesifikasi Lengkap Honda CB150R Exmotion) | Joe An Tjuk | 5

0 komentar:

Posting Komentar