Kawasaki AR125cc, Motor Sport Pertama di Indonesia

Kawasaki AR125cc, Motor Sport Pertama di Indonesia
Kawasaki AR125cc, Motor Sport Pertama di Indonesia
Tahun 1984 motor sport apakah yang brosist ingat eksis? Coba diingat-ingat lagi masbro kenangan masa lalunya. Inilah motor yang menjadi cikal bakal motor sport di Indonesia. Bukan Suzuki RGR150 yang hadir di tahun 1989 ke Indonesia , apalagi Hoda NSR150 yang masuk k Indonesia di tahun 1994. Motor ini adalah produk Kawasaki yang diimpor utuh dari Jepang. Wahh.. dari dulu Kawasaki konsisten di kategori motor sport ya.
Kawasaki Binter AR125cc
image : motocyclespecs.co.za
Adalah Kawasaki AR 125, motor ini merupakan pionir motor sport di tanah air. Sebagai pionir di kasta motor sport, motor ini meletakkan standar ukuran yang tinggi yang sulit dilampaui para pesaingnya, bahkan untuk ukuran motor sport era sekarang. Di eranya tahun 1984 motor Kawasaki AR125 ini seakan melampaui masanya. Mari kita lihat fitur Liquid Cooling, Monoshock ,Rotary Reedvalve Intake System (RRIS) , jelas fitur-fitur ini jauh melampaui masanya. Ingat masbro motor ini lahir di tahun 1984. Bahkan fitur Side Stand Switch yang ada pada Honda Vario lansiran 2006 sudah ada pada Kawasaki AR125 lansiran 1984 ini. (Side Stand Switch merupakan fitur yang akan mematikan mesin otomatis apabila standar samping diturunkan). 
Kawasaki Binter AR125cc
image :flickr.com
Jika kita melihat ke bagian jeroan mesin, Kawasaki AR125cc merupakan jenis mesin 2 langkah (2 tak). Sebagaimana dilansir dari www.motorcyclespecs.co.za mesin 125cc ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 22HP pada 9500RPm, dengan torsi 16,6Nm pada 8000RPm. Tenaga di atas dengan kapasitas 125cc cukup wah ya, ditambah lagi motor ini dilengkapi dengan enam transmisi percepatan. Untuk pengereman motor ini sudah dilengkapi dengan cakram depan kaliper 1 piston dan tromol dibelakang. Kecepatan motor ini yang pernah tercatat adalah 180Km/Jam saat balapan resmi yang digelar di Sentul. Hadirnya fitur RRIS (Rotary Reedvalve Intake System ) ditengarai mampu mensupply bahan bakar dengan sempurna dan presisi.
Kawasaki Binter AR125cc
image : motorcyclespecs.co.za
Motor yang terkenal dengan akselerasinya ini hanya memiliki bobot 107Kg. Bisa bayangkan masbro mesin 2 tak  dengan 22 tenaga kuda hanya berbobot 107Kg. Jengat-jengat ini pastinya, dengan bobot segitu akselerasi sudah pasti sangat nampol. Namun sayang karena masa bakti motor ini terbilang singkat, yakni hanya 3 tahun saja terhitung dari tahun 1984 hingga 1987. Motor ini terpaksa tidak dijual lagi dikarenakan distributornya kala itu yakni PT Bintang Terang gulung tikar. Di era itu memang motor Kawasaki masuk ke Indonesia melalui Bintang Terang, itu makanya setiap produk Kawasaki yang beredar ada emblem BINTER yang merupakan singkatan dari perusahaan. 
Yang penasaran dengan akselerasi motor ini , simak video berikut :
video : www.youtube.com/MatthewWilson

Gimana masbro, sudah tahu kan tentang motor yang satu ini. Motor yang menjadi cikal bakal motor sport di Indonesia. Kawasaki AR125, bagi yang berminat meminang motor ini , silakan rogoh koce yang dalam. Motor langka ini , secondnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi bahkan kadang tidak masuk akal. Maklum saja masbro ini motor termasuk langka dan buruan para kolektor. Sekian artikel kali ini masbro, semoga menambah wawasan kita bersama, kalau ada yang kurang mari ditambahkan. 
Advertisement