Skip to main content

follow us

Sejarah Lengkap RX King Sang Legenda yang Belum Terkalahkan, RX King dari Masa ke Masa (1980-2008)

Berbica motor dengan mesin 2 stroke ini tidak lengkap kalau belum membahas sejarahnya. Kita flashback singkat dulu ya masbro. Motor ini punya masa bakti 29 tahun , mulai dari tahun 1980 sampai dengan tahun 2008. Motor ini di distop produksinya setelah terhalang dengan regulasi standard gas buangan. Motor seri ini diawali dari tipe RX-K yang keluar pada tahun 1980 , pada era 80 an motor ini bersaing dengan motor generasi GL 4 stroke dari pabrikan Honda. Dan jelas motor RX-K ini kalah telak dari GL nya Honda dalam , tapi dalam angka penjualan . Kalau dalam hal kecepatan ya gak perlu ditanya lagi. Jambakan setan 2 stroke tahu sendiri gimana jengatnya.
Untuk lengkapnya berikut sejarah perjalanan RX dari masa ke masa yang dirangkum dari berbagai sumber:

  • RX-K 135
Sejarah Lengkap RX King
image : www.pictaram.com
Generasi ini masuk dengan status CBU  (CompletelyBuild Up) alias diimpor utuh dari Jepang. Masa bakti motor ini pun terbilang singkat , hanya tiga tahun saja dimulai dari 1980 hingga 1983 sebelum di discontinue dengan generasi selanjutnya. Karena singkatnya masa bakti motor ini, RX-K 135 menjadi barang yang sangat langka sekarang. Sekarang motor ini menjadi buruan para penggemar motor 2 stroke.

  • RX King 1983-1991
Sejarah Lengkap RX King
image : www.bikepics.com
Mulai dari edisi ini nih, penyematan nama King digunakan, tidak seperti edisi sebelumnya yang berkode RX-K.  Motor King edisi ini memiliki kode blok mesin Y1 dan Y2. Untuk proses perakitan sudah dilakukan di Indonesia, namun mesin utuh masih diimpor langsung dari Jepang . Motor RX-King Generasi ini sering disebut dengan King Kobra, alasannya stang dari motor ini menyerupai leher ular king kobra kala sedang mempertahankan diri.

Ciri khas dari RX King generasi ini adalah kental dengan aura laburan chrome. Chrome tampak menghiasi spakbor depan dan belakang, penutup rantai, tutup shock atas, serta sedikit aksen chrome pada tutup box. Serta khas motor pada masa itu adalah swing arm yang berbentuk pipa bulat.
  • RX King 1992-2001
Sejarah Lengkap RX King
image : www.olx.co.id
Motor King generasi kali ini merupakan produk buatan Yamaha Indonesia, artinya sudah diproduksi di Indonesia. Kode mesin dari generasi ini adalah Y1-74 (monggo cek kode mesin mu lur). Untuk model atau bentuk dari King generasi ini tidak banyak yang berubah. Yang paling kelihatan adalah posisi foot step boncengan belakang yang sudah tidak menyatu ke swing arm.

  • RX King 2002-2008
Sejarah Lengkap RX King
image : inforxking.blogspot.co.id

Motor ini merupakan King Generasi terakhir sebelum dihentikan produksinya di tahun 2008. King generasi ini sudah mendapat sentuhan gaya modern. Dengan kehadiran lampu depan bulat menghilangkan lampu kotak yang sudah melekat pada generasi King sebelumnya. Sentuhanstriping yang lebih modern, serta mesin yang sudah tidak ngebul lagi sehingga lolos uji emisi standar Euro 2 berkat adanya Catalic converter pada knalpot King Generasi ini.

Di awal tahun 2009 sebagaimana dilansir dari www.otomotif.kompas.com (24/03/2009) uji emisi semakin diperketat, akhirnya kiprah sang Legenda pun harus diakhiri oleh regulasi tersebut. Sebenarnya bisa saja pabrikan menghadirkan motor 2 tak yang powerfull tetapi lulus uji emisi, namun tampaknya hal ini akan menyebabkan tingginya harga motor sehingga tidak terlalu menarik secara bisnis. Harga yang melambung akan membuat konsumen berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut. Demikian brosist artikel sejarah RX King kali ini semoga berguna, kurang lebihnya mohon dimaafkan.

SalamJPT

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Geber di Kolom Komentar Masbro. Geber Pelan Saja.
Buka Komentar