Bingung Pilih Helm Full Face atau Half Face? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli

Bingung Pilih Helm Full Face atau Half Face? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli
Bingung Pilih Helm Full Face atau Half Face? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli
Bingung Pilih Helm Full Face atau Half Face

Mau pilih helm tipe full face atau half face. Kebingungan ini terkadang melanda rider yang ingin membeli helm. Bingung dalam memilih antara dua pilihan yang memberikan efek yang berbeda.
Sebenarnya dua tipe helm di atas memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Helm menjadi hal wajib bagi seorang yang mengaku biker. Jadi kalau ada yang ngaku biker tapi enggak pakai helm fixed deh kalau dia itu alayers. Sakit bacanya? Oke mungkin kamu alay.

Tahukah kamu kalau helm selain untuk menyelamatkan jiwa si pengendara, helm juga mampu meminimalkan cedera yang dialami ketika terjadi kecelakaan. Bagian tubuh yang paling rentan kena adalah kepala bagian atas dan leher. Jadi helm yang benar adalah helm yang mampu melindungi secara optimal bagian-bagian tersebut.


Pilih Full Face atau Half Face? Lebih aman yang mana?


Kalau dari segi keamanan jelas Full Face lebih aman, karena helm jenis ini melindungi hampir semua bagian kepala kita, termasuk mulut, rahan dan gigi yang mana bagian ini tidak terlindungi jika menggunakan helm Half Face.

Tapi jujur untuk kenyamanan pemakaian harian, masih lebih nyaman helm tipe half face. Iklim tropis, macet, polusi, menjadi kombinasi yang pas untuk membakar kepala anda di dalam helm full face.

Namun untuk berkendara jarak jauh, nampaknya helm full face masih menjadi pilihan yang menyenangkan, disamping lebih aman, biasanya perjalanan jauh apalagi touring ke tempat yang jauh dari perkotaan , pilihan helm ini lebih masuk akal nampaknya.

Jalan Tengah dengan Modular Helmet


Bingung Pilih Helm Full Face atau Half Face

Nah,, untuk bro dan sist yang gak mau repot, sekarang ada pilhan helm full face dan half face dalam satu paket. Two in one nih ceritanya. Helm jenis ini lebih dikenal dengan nama open face/modular helmed. Cocok banget untuk yang gak mau repot .

Tapi untuk kenyamanan, ya namanya juga paket hemat bro, jangan berharap bisa senyaman helm pada umumnya ya.

Apa pun jenis helm nya, cara berkendara serta etika berkendara menjadi faktor utama dalam safety riding. Helm hanya alat meminimalisir jika kamu jatuh. Jenis helm mu bukan penentu utama.

Tulisan di atas hanyalah celotehan ringan tentang memilih helm mana yang cocok buat kamu. Tentunya dengan mengesampingkan faktor harga dan merek. Sebab beda merek dan harga, beda pula sensasi yang kamu dapati saat memakai helm tersebut, apa pun tipe nya. 
Advertisement