Generasi Lengkap Yamaha Vixion, Generasi Keluaran Tahun 2007 Hingga 2017

Generasi Lengkap Yamaha Vixion, Generasi Keluaran Tahun 2007 Hingga 2017
Generasi Lengkap Yamaha Vixion, Generasi Keluaran Tahun 2007 Hingga 2017
generasi lengkap yamaha vixion

Yamaha Vixion pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2007. Ia menjadi pembuka motor naked sport dengan sistem injeksi. Kini keberadaan Vixion di Indonesia tetap diminati. Pembaharuan pun hadir untuk mengikuti kemajuan dan perkembangan selera pasar. Setidaknya sudah ada lima seri/generasi Vixion yang dilahirkan oleh PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacture) hingga saat ini. 
Berikut kami hadirkan seri atau generasi Yanaha Vixion dari pertama rilis hingga seri terakhirnya. 

Vixion 2007

Generasi Lengkap Yamaha Vixion dari masa ke masa

Vixion pertama kali hadir di pertengahan tahun 2007, dengan segala keunggulannya dari kompetitor, vixion hadir dengan spesifikasi mesin 150CC SOHC 4 klep. Dari sisi desain ini menjadi penggebrak di kelas 150 CC, desain sporty dengan lampu bulat, suspensi monoshock yang tidak dimiliki pesaingnya saat itu. Ditambah frame deltabox yang menjadi primadona kala itu. Vixion kala itu sempat mengobok-obok pasaran pesaingnya yakni Honda MegaPro dan Honda Tiger.

Vixion Generasi Kedua (2010)
Generasi Lengkap Yamaha Vixion dari masa ke masa


Dengan penjualan vixion yang semakin kencang bak kacang goreng , hal ini rupanya tidak membuat pihak pabrikan berhenti berinovasi, hanya selang 3 tahun dari awal kemunculannya vixion atau v-ixion segera mendapat penyegarang. Jika dilihat dari spesifikasi mesin tidak mengalami banyak peruahan, namun dari segi tampang kali ini vixion lebih ke arah konsep tajam dan agresif dibanding edisi sebelumnya. Yang paling terlihat dari sisi facelit kali ini adalah deltabox yang berubah warna dari silver menjadi hitam, serta bentuk lampu dari lampu bulat menjadi lampu yang terlihat lebih meruncing dan agresif.

Vixion Generasi Ketiga (2013) a.k.a Sinchan
Seri lengkap Yamaha Vixion dari tahun ke tahun


Entah darimana asal muasal nama ini pertama kali disematkan ke generasi vixion kali ini. Jelas nama Sinchan bukan berasal dari pabrikan atau nama resmi, nama resmi dari motor ini sebenarnya adalah NVL (New Vixion Lightning).

Perubahan di edisi kali ini benar-benar total, dimulai dari kaki-kaki yang lebih gambot,rem belakang yang disertai DiscBrake , garis body yang lebih tajam, tangki yang lebih massskulin, kunci kontak yang pindah ke tangki, penghilangan behel belakang,dan masih banyak lagi. Minusnya dari sisi mesin belum ada perubahan yang berarti.


Vixion Generasi Keempat (2015) a.k.a New Vixion Advance
Generasi Lengkap Yamaha Vixion


Semakin kerasnya persaingan motor sport 150CC , Vixion ingin menunjukkan taringnya sebagai penguasa market motor sport 150 CC dengan kehadiran New Vixion Advance. Di tahun 2015 market vixion memang sempat direcoki oleh Honda dengan CB150R nya. Desain lampu kali ini berubah menjadi lebih runcing (tidak Sinchan lagi). Blok mesin dilabur dengan warna gold, spakbor belakang yang lebih pendak (menghilangkan image pelepah pisang), dipermanis dengan under cowl, serta emblem yang tampil dengan 3 dimensi. 

Vixion Generasi Kelima (2017) 

Generasi Lengkap Yamaha Vixion

Market nakedsport di tahun 2017 kehadiran bintang baru, kali ini bukan dari Honda melainkan dari Suzuki. Suzuki bangkit dari kuburnya dengan generasi GSX 150 CC nya, dan seakan menjadi raising star. Melihat hal ini Yamaha bergerak cepat dengan menghadirkan edisi Vixion terbaru.

Kali ini nampaknya sektor mesin menjadi perhatian bagi Yamaha. Tak tanggung Vixion generasi kali ini hadir dengan dua tipe mesin yakni Yamaha New Vixion dan Yamaha New Vixon R.

Vixion R menggunakan mesin yang sama persis dengan mesin Yamaha R15 terbaru yang dilengkapi dengan teknologi VVA. Yamaha mengklaim dengan fitur assist & slipper clutch mampu membuat pengoperasian kopling lebih mudah dan juga perpindahan gigi yang lebih halus. Hal ini diklaim mampu menambah akselerasi Vixion.

Dengan hadirnya generasi terbaru ini lengkap sudah Yamaha Vixion resmi mengaspal di Indonesia selama 10 tahun. Apakah motor ini sudah pantas menyandang predikat Legenda mengingat masa baktinya yang terbilang sudah lama?
Advertisement