VinFast, Motor Listrik Nasional Milik Vietnam Dirilis

VinFast, Motor Listrik Nasional Milik Vietnam Dirilis
VinFast, Motor Listrik Nasional Milik Vietnam Dirilis

VinFast Motor Listrik Nasional Milik Vietnam Dirilis

Kendaraan listrik atau motor listrik masih belum mendapat tempat di hati konsumen luas. Keberadaannya saat ini hanya menjadi alternatif bagi mereka yang bosan dengan kendaraan konvensional yang ada saat ini. Atau minimal ini menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Suka tidak suka, era motor listrik sudah di depan mata. Banyak yang memprediksi jika kendaraan listrik suatu saat akan menggantikan posisi kendaraan konvensional (berbahan bakar minyak). Tak pelak, semua industri otomotif berlomba-lomba melakukan riset di bidang ini.

Seperti yang dilakukan oleh Vietnam. Mereka telah berhasil merilis motor listrik nasional milik mereka untuk kali pertama. Motor listrik dengan merek dagang mereka sendiri. Motor listrik berjenis skuter ini mereka beri nama dengan VinFast.

VinFast mengandalkan batere lithium-ion dari Bosch. Untuk satu kali charge, skutik ini mampu meraih jarak hingga 120 kilometer. Jarak ini terbilang cukup jauh. Setidaknya bisa dipakai untuk wara-wiri dari rumah ke kantor dalam beberapa hari.


Pesaing Gesits dari Vietnam


Tak hanya sektor jangkauan yang mereka kerjakan. VinFast juga memiliki fitur-fitur kekinian yang menyaratkan jika skutik ini adalah skutik modern. Fitur seperti GPS dan bluetooth turut disematkan ke skutik asal Vietnam ini.

Pengguna juga dimanjakan dengan memungkinkan skuter listrik ini bisa disinkronkan dengan gadget. Ya..., ini semacam skutik listrik pintar.


Kiprah VinFast di ranah kendaraan listrik bukanlah hal yang tiba-tiba. Sebelumnya, VinFast telah berhasil membuat mobil listrik. Skutik listrik terbaru dari VinFast ini menjadi kiprah baru mereka di era kendaraan listrik. Riset yang mereka lakukan secara berkelanjutan menghasilkan produk yang akhirnya benar-benar bisa dirilis ke pasar.

Gesits Harus Bergerak Cepat

Seperti kita ketahui bersama, Indonesia sebenarnya sudah memiliki skuter listrik bernama Gesits. Skutik ini sudah jauh hari dikabarkan akan dirilis. Namun entah mengapa, jadwal rilis dari Gesits beberapa kali tertunda.

Hadirnya skutik listrik dari VinFast menjadi warning bagi Gesits akan bergerak cepat. Vietnam yang merupakan salah satu negara Asia Tenggara itu telah berhasil merilis VinFast, maka sekarang adalah giliran Indonesia.

Reference:
vinfast.vn/
liputan6.com/otomotif/read/3684236/vinfast-klara-motor-listrik-asal-vietnam-yang-sarat-teknologi-terkini
Advertisement