5 Perbedaan Kawasaki W175 Standar dengan Varian Cafe Racer Pabrikan

5 Perbedaan Kawasaki W175 Standar dengan Varian Cafe Racer Pabrikan
5 Perbedaan Kawasaki W175 Standar dengan Varian Cafe Racer Pabrikan

Senin 14 Januari 2019 lalu, Kawasaki menghadirkan varian terbaru dari Kawasaki W175. Varian ini disebut menganut konsep cafe racer. Hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Pearl Brilliant Yellow, Metallic Flat Graystone, dan Candy Fire Red. 

Kawasaki W175 dibanderol sedikit lebih mahal dari versi nakednya, yakni di angka 32,6 juta rupiah. Ini berarti lebih mahal 1,5 juta rupiah dari versi naked. 

Sebelum lebih jauh mengenai bisa atau tidak Kawasaki W175 standar diubah menjadi varian cafe racer dengan part asli pabrikan, berikut merupakan beberapa perbedaan Kawasaki W175 naked (standar) dengan varian cafe racer yang baru dirilis itu. 

  1. Visor
  2. Jok
  3. Spakbor belakang
  4. Pelindung Knalpot krum
  5. Emblem

Yap..., hanya lima komponen di atas yang berbeda dengan varian naked, sisanya sama plek. 

Mungkin akan sedikit kecewa melihat betapa sedikitnya ubahan yang diberikan oleh Kawasaki terhadap varian cafe racer ini. Alih-alih berani keluar dengan konsep pure cafe racer, ubahan di atas terbilang sangat minor (sebagian menyebutnya dengan kata pelit).

Sebut saja stand jepit (underyoke), buntut tawon, half fairing ala cafe racer, tangki, apa lagi potong sasis. Kita tidak akan menemui komponen cafe racer di atas pada varian cafe racer dari pabrikan geng ijo ini. Sedikit sulit di benak admin untuk mengatakan jika varian yang dikeluarkan oleh Kawasaki di atas adalah cafe racer. 

Tadinya mimin berpikir jika Kawasaki akan total dalam mengeluarkan varian cafe racer dari W175 ini. Ya..., setidaknya seperti si kakaknya Kawasaki Z900 RS yang rilis dalam dua varian sekaligus (naked dan cafe racer). Namun sayang KMI tidak melakukan hal yang sama.

Kembali ke topik sebelumnya, bisakah versi naked (standar) dari Kawasaki W175 diubah menjadi cafe racer dengan part asli pabrikan?

Jawabannya bisa, Kawasaki Motor Indonesia sendiri sudah mengkonfirmasi hal ini. Mereka akan menawarkan part terpisah dari varian cafe racer di atas. Harga paket diperkirakan di kisaran 2,8 juta rupiah. 

Sah-sah saja jika masbro ingin melakukan ubahan cafe racer ala KMI di atas. Namun dari sudut pandang mimin, sedikit nanggung jika memang anda mendambakan motor cafe racer. Perlu upaya lebih untuk memperkuat aura cafe racer dari 5 komponen yang ditawarkan oleh KMI di atas. 

Namun untuk mendapatkan gaya cafe racer yang lebih kuat, rasanya akan sedikit sulit mengandalkan 5 komponen yang di sebut di atas. Minimal half fairing, dan ubahan tangki diperlukan untuk memperkuat gaya cafe racer dari Kawasaki W175 cafe racer.
Jika anda berpikir akan mengubah versi standar Kawasaki W175 Standar milik anda menjadi varian cafe racer seperti keluaran pabrikan di atas, monggo dipikir-pikir kembali.
Advertisement