5 Helm Unik Berteknologi Tinggi yang Pernah Dibuat

5 Helm Unik Berteknologi Tinggi yang Pernah Dibuat
5 Helm Unik Berteknologi Tinggi yang Pernah Dibuat

Pada awalnya helm dibuat dengan fungsi dasar, yakni untuk melindungi kepala, meminimalkan efek benturan jika pengendara terjatuh dan kepala membentur benda keras. Namun kini helm mulai berevolusi. Kini fungsinya tak lagi sekadar pelindung kepala, kini helm pun sudah mulai dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih. 

Berikut kami rangkum beberapa helm unik dan canggih yang memiliki teknologi tinggi. 

1. Helm IC-R (Helm Pintar)
smart helm IC-R

Helm ini termasuk dalam kategori helm berteknologi tinggi. Audio-Visual terintegrasi dengan baik pada helm ini.
Pada bagian dalam visor terdapat Head unit yang mampu memberikan tangkapan visual 360 derajat. Hal ini didapat dari kamera yang terpasang di belakang helm dan dapat menangkap visual dengan real time 360 derajat.
Terdapat pula perangkat mikrofon yang mampu menangkap suara si pemakai. Helm ini pun bisa diintegrasikan dengan smartphone, sehingga perintah lewat mikrofon dapat direspon langsung dan dihadirkan lewat audio dan visual melalu Head Unit. 


2. Helm Cerdas LiveMap Rusia
Helm dengan integrasi GPS

Sama halnya dengan Helm IC-R di atas, helm yang dikembangkan di Rusia ini, sama-sama berkonsep helm pintar. Perbedaanya, helm ini lebih concern pada GPS. Dengan helm ini, pengendara bisa diarahkan langsung untuk membaca peta, melalui voice dan head unit dispay yang terpasang di kaca helm. 

3. Helm dengan Fitur Kipas Angin
helm anti gerah

Helm ini merupakan besutan dari perusahaan momodesign. Idenya sederhana, helm dilengkapi dengan kipas yang mampu membantu sirkulasi udara yang lebih baik. Sistem kerjanya cukup sederhana. Terdapat dua kipas, kipas untuk menarik udara dari luar ke dalam helm, dan kipas untuk membuang udara dari dalam helm.


Helm unik ini dilengkapi pula dengan hadirnya batere dan sensor. Batere sebagai sumber daya ini mampu bertahan hingga 8 jam pemakaian. Sedangkan sensor berfungsi untuk memerintahkan sistem kipas berjalan. Kipas baru akan menyala jika kecepatan pengendara berada di bawah 50 kilometer per jam. 

4. Helm dengan AC (Air Conditioner)
helm dengan fitur AC

Jika kipas saja tidak cukup untuk anda, maka helm ini adalah jawaban yang tepat. Perusahan asal India, Blusnap berhasil menciptakan sebuah helm dengan fitur AC. Helm yang diberi nama BluArmor ini mampu memberikan rasa dingin pada pemakainya. 

Cara kerja pendingin pada helm ini dengan menempatkan sebuah piranti di bagian depan helm yang berfungsi untuk mengalirkan udara. Alat ini beroperasi dengan mengandalkan baterai yang tertanam.
Helm ini sudah diuji oleh BluArmor pada saat musim panas di India. Saat suhu udara berada di kisaran 36 derajat, helm ini mampu menstabilkan suhu hingga ke suhu 25.2 derajat. 

5. Helm dengan Fitur Face Unlock dari Honda
helm dengan fitur face unlock

Fungsi kunci dan helm terdapat pada helm pintar ini. Motor anda akan aman, karena mesin tidak akan bisa hidup jika helm ini tidak digunakan oleh pengendara. 
Dan semisal helm anda dicuri, helm ini tidak akan berfungsi sebagai kunci, dan motor anda tidak akan bisa menyala. 

Helm canggih ini sudah dilengkapi dengan fitur face unlock. Hanya wajah yang sudah terdaftar pada database yang mampu menghidupkan. Cara kerjanya, helm melakukan scanning terhadap kontur wajah si pemakai lantas menyesuaikannya dengan database yang sudah ada. Jika cocok, maka motor akan bisa distarter, dan jika tidak cocok, motor tidak aka bisa menyala. 

Advertisement