Tips Ampuh Menjaga Cat Krom Agar Tetap Kinclong ,Tidak Menguning dan Terhindar dari Karat

Tips Ampuh Menjaga Cat Krom Agar Tetap Kinclong ,Tidak Menguning dan Terhindar dari Karat
Tips Ampuh Menjaga Cat Krom Agar Tetap Kinclong ,Tidak Menguning dan Terhindar dari Karat
Cara Menjaga Cat Krom Agar Tetap Kinclong

Lapisan krom kinclong adalah alasan mengapa orang banyak menyukainya. Namun tak mudah menjaga lapisan krom agar terhindar dari kusam dan jamur. Terlebih di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Lantas bagaimanakah cara yang tepat untuk menjaga agar cat krom tidak kusam dan senantiasa kinclong?

Pertama, mari kita luruskan mengenai cat krom. Krom bukanlah lapisan cat. Banyak orang yang salah kaprah dengan defenisi cat krom. Krom merupakan lapisan dimana bahan dasarnya adalah kromium. Pelapisan dengan krom ini dilakukan dengan bantuan listrik. Kegiatan ini dikenal pula dengan nama elektroplating. 

So..., krom bukanlah cat. Ia adalah lapisan kromium yang dicairkan dengan bantuan listrik, lalu melapisi metal/logam.

Kami rasa sudah cukup mengenai pengertian cat krom atau lapisan krom. Defenisi di atas penting, sebab dengan mengetahui defenisi dan bahan dari krom, maka langkah perawatan pun bisa diambil dengan tepat. 

Musuh utama cat krom adalah air hujan. Kandungan garam di air hujan cukup tinggi. Hal ini lah yang menyebabkan timbulnya bercak. Dan lama kelamaan akan menghasilkan karat jika tak diberikan perawatan. 

Jadi untuk anda yang mobil atau motornya dipenuhi dengan lapisan krom, pastikan anda segera membilas kendaraan anda dengan air bersih setelah terkena hujan. Setebal apa pun lapisan krom, akan tetap kalah jika air hujan dibiarkan terus menerus mengering di atas lapisan krom motor anda. 

Memang dampak air hujan tidak akan terlihat dalam satu kali dua kali terkena hujan. Namun jika terakumulasi, hal inilah yang menyebabkan lapisan krom menguning bahkan timbul karat. 

cat krom dioles minyak kayu putih


Satu lagi tips dari kami yang sedikit tidak masuk akal, namun percayalah it’s work. Membersihkan lapisan krom dengan minyak kayu putih mampu menjaga agar lapisan krom tetap kinclong dan terhindar dari warna menguning bahkan karat.
Advertisement