Harley Davidson 250cc Bidik Pasar Asia, Indonesia Kapan Masuk?

Harley Davidson 250cc Bidik Pasar Asia, Indonesia Kapan Masuk?
Harley Davidson 250cc Bidik Pasar Asia, Indonesia Kapan Masuk?
Motor Harley 250cc

Harley Davidson 250cc - Beberapa waktu lalu Harley Davidson mengemukakan keinginannya untuk merambah pasar motor entry level. Langkah ini sudah dimulai oleh pabrikan ini lewat kehadiran Harley Davidson 500 Street. Motor ini menjadi motor HD dengan kubikasi mesin paling kecil yang ada saat ini. 

Ternyata langkah Harley Davidson tak akan berhenti sampai di 500cc saja. Dikabarkan jika pabrikan ini sedang menjajaki kemungkinan hadirnya Harley dengan kubikasi mesin 250cc-300cc. Hal ini mereka maksudkan untuk merambah pasar yang lebih luas. 

Rumor lain yang beredar, Harley akan bekerja sama dengan pabrikan lain untuk membangun motor berkubikasi kecil ini. Diprediksi kuat pabrik khusus pembuatan HD 250-300cc akan berpusat di India. Dan ada kemungkinan akan bekerja sama dengan pabrikan lokal India. 

Langkah ini sebenarnya bukanlah strategi baru. BMW sudah terlebih dahulu memulai strategi ini. BMW menggandeng TVS (pabrikan India juga) untuk memproduksi motor berkubikasi kecil. Dua varian yang sudah dihasilkan lewat kerja sama ini adalah BMW G310 R dan BMW G310 GS. 

Akankah tetap dijual dengan nama Harley Davidson?

Seperti kita tahu, nama HD memiliki prestise yang tinggi. Mendengar kata HD tentu saja kita beranggapan ini motor mahal. Ini motor dengan pride yang tinggi. Tidakkah terciderai jika nama HD nantinya ditempel pada motor-motor berkubikasi kecil (mocil)?

Pilihan Sub Brand
Strategi ini banyak dipakai oleh para pabrikan. Sebagai contoh merek Brembo. Perangkat pengereman ini dikenal sebagai merek ternama dan memiliki positioning yang tinggi. Lalu, untuk menyasar kelas bawah, mereka menghadirkan sub brand ByBre. 

Dengan begini partisi antara pasar high end dengan di bawahnya jelas terkotak. Nama Brembo tidak terganggu, dan di satu sisi mereka tetap bisa mengais ceruk pasar segmen bawah. 
Seperti apa nantinya strategi yang diterapkan oleh Harley Davidson? Cukup menarik untuk disimak. Apakah tetap membawa nama besar Harley Davidson atau akan ada nama lain. 

Kategori Harga Murah untuk Pabrikan Harley dan BMW itu seperti apa?

Harga murah yang dimaksud di sini tentu tak bisa disamakan dengan harga motor 250-300cc keluaran pabrikan Jepang di sini ya. Sebagai contoh BMW G310 GS dijual di Indonesia di harga 142 juta rupiah. 

Dan sebagai gambaran lagi, saat ini Harley Davidson termurah yang dijual di Indonesia saat ini dipegang oleh HD 500 Street yang dijual di harga 324 juta rupiah. 

Menurut kami harga di atas tidak lah murah. Oh,,, maaf kami berubah pikiran. Bukan harga motornya yang mahal, tapi kami yang misqueen.
Advertisement