Motor Listrik Tenaga Surya, Panel pada Atap Memadai atau Tidak?

Motor Listrik Tenaga Surya, Panel pada Atap Memadai atau Tidak?
Motor Listrik Tenaga Surya, Panel pada Atap Memadai atau Tidak?
motor dengan solar panel

Motor Listrik dengan tenaga surya beberapa kali sudah pernah hadir. Namun kehadiran motor dengan solar panel hanya sebatas prototype, belum ada yang sampai dalam tahap produksi massal. Meski digadang-gadang sebagai solusi transportasi ramah lingkungan dan ekonomis, mengapa belum ada pabrikan yang "terlihat" serius menggarap teknologi ini sampai ke tahap produksi massal?

Berbeda halnya dengan mobil. Secara serius sudah ada beberapa pabrikan yang memadu-padankan solar panel dengan sumber daya lain. Setidaknya sudah ada mobil hybrid produksi massal yang menggunakan teknologi ini. 


Salah satu alasan yang cukup masuk akal adalah "keterbatasan ruang pada sepeda motor". Tak seperti mobil dimana atap yang luas bisa menjadi tempat solar panel berada, motor tidak dirancang seperti itu. Belum lagi masalah regulasi laik jalan yang seakan-akan membatasi energi alternatif ini.


Penggunaan solar panel diklaim membutuhkan bidang yang luas. Sebagai contoh, penggunaan panel surya pada atap-atap rumah. Namun dari beberapa rangkuman sumber referensi kami, aplikasi surya panel pada rumah juga tidak semudah memasang genteng. 
Listrik yang dihasilkan dari surya panel pun masih relatif kecil, dan belum bisa menggantikan peran listrik PLN secara penuh. Ya...jatuhnya, semacam fungsi hybrid seperti pada mobil juga.


Belakangan muncul sebuah paten desain dari pabrikan motor asal India, TVS. Mereka mengklaim sedang mempersiapkan sebuah motor listrik tenaga surya. Dari gambar yang terlihat, kemungkinan besar solar panel akan dipasang di atap skutik

Karena yang beredar baru sebatas sebuah gamber paten, maka belum bisa dilihat bagaimana teknis pemasangan solar panel dan teknologinya. Kita harus menunggu prototype skutik ini hingga tahun 2020 di Delhi Auto Show sesuai janji TVS.

skutik TVS dengan panel surya


Seperti kita tahu, cukup banyak yang skeptis jika solar panel bisa diaplikasikan ke sepeda motor, termasuk kami. Ruang yang sempit menjadi alasan utama mengapa kami sedikit ragu akan keberhasilan motor listrik tenaga surya.  


Kendati demikian, langkah yang diambil TVS patut diapresiasi. Masalah apakah nantinya project ambisius ini berhasil atau tidak, biarlah waktu yang akan menjawab.
Advertisement