KMI Berniat Jual Motor Matic Kawasaki J125 di Indonesia, Apa Laku?

KMI Berniat Jual Motor Matic Kawasaki J125 di Indonesia, Apa Laku?
KMI Berniat Jual Motor Matic Kawasaki J125 di Indonesia, Apa Laku?
KMI Kawasaki J125

Kawasaki J125 bukanlah motor matic sembarangan meski hanya mengusung mesin 125cc saja. Body dan desain motor ini tak kalah dengan big skutik di kelas 150cc. Bahkan di Eropa sana, Kawasaki J125 dijual seharga 3800 poundsterling atau setara dengan 75 juta-an jika dirupiahkan.

Belakangan ini tersiar rumor yang mengatakan jika Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan menjual Kawasaki J125 di Indonesia. Apakah ini menjadi pertanda jika KMI sudah menyerah dengan pangsa motor sport yang kian hari kian menurun?


Baca Juga : Kenapa Kawasaki Terlihat Ogah Jualan Matic di Indonesia?

Tak bisa dipungkiri jika pangsa pasar skutik itu begitu menawan. Trend pasar membuktikan jika orang cenderung lebih memilih motor matic ketimbang motor sport. Hal ini bisa kita lihat dari data penjualan AISI. 10 Besar motor terlaris di Indonesia didominasi oleh skutik. Ya...,, semua akan matic pada waktunya.

Kembali ke topik utama kita. Jika nantinya KMI benar menjual Kawasaki J125 di Indonesia, skema seperti apa yang akan mereka racik? Setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan KMI jika ingin bersaing di pasar skutik 125 cc yang sudah penuh sesak ini, diantaranya :

1. HARGA
Ini adalah ukuran utama. Di kelas 125cc isu harga masih menjadi krusial. Pembeli di kelas ini masih sangat mempertimbangkan harga. Bahkan untuk mereka yang fansboy suatu merek sekalipun.

Jika di luar sana Kawasaki J125 dijual hingga 75 juta-an, rasanya tidak masuk akal jika harga yang sama di terapkan di Indonesia. Jalan satu-satunya adalah lewat skema melokalkan. Kawasaki J125 wajib diproduksi di Indonesia untuk menekan harga jual.

2. FITUR dan GIMMICK
Entah mengapa fitur dan gimmick “ala-ala” di kelas ini menjadi penting. Kawasaki harus meracik dan mempengaruhi pasar dengan gimmick yang bombastis di motor ini. Ini penting, agar Kawasaki J125 terlihat lebih modern dari skutik yang sudah ada sebelumnya.

Dalam hal gimmick seperti ini, entah mengapa kami ragu dengan Kawasaki. KMI tidak begitu pintar untuk masalah gimmick seperti ini. Ah..., mereka terlalu lurus.

3. PENCITRAAN
Kawasaki di Indonesia itu identik dengan Ninja. Ingat Kawasaki, ingat Ninja. Untuk itu KMI kami rasa perlu melakukan pencitraan jika mereka tak hanya punya Ninja. Mereka juga punya skutik yang tak kalah sangarnya dengan Ninja.

Hal ini mungkin terasa kurang penting. Namun percayalah, itu penting untuk masa perkenalan seperti ini. Ya.., semacam pedekate. 


KMI Jual Kawasaki J125 di Indonesia

Tulisan di atas hanyalah opini kami atas beredarnya rumor jika Kawasaki akan jualan motor matic di Indonesia. Sebagai pengamat abal-abal, kami hanya bisa katakan mau percaya silakan, tidak percaya juga boleh.


reference :
goldmachine
Advertisement