Skutik TVS dengan Panel Surya, Andalkan Solar Roof Untuk Isi Batere Motor

Skutik TVS dengan Panel Surya, Andalkan Solar Roof Untuk Isi Batere Motor
Skutik TVS dengan Panel Surya, Andalkan Solar Roof Untuk Isi Batere Motor
TVS solar roof

Pemanfaatan Panel Surya di Sepeda Motor - Manuver TVS dalam menyongsong era baru Industri otomotif patut diacungi jempol. Saat industro otomotif di tanah air masih disibukkan dengan masalah klasik pada batere skutik listrik, TVS justru melompat dengan ide brilian pemanfaatan energi Matahari. 

Sebuah project ambisius datang dari TVS Motor Company. Hal ini bisa kita ketahui dari bocornya sebuah paten yang memperlihatkan skutik yang dilengkapi dengan panel surya. 

Skutik TVS ini hadir dengan solar roof/panel surya. Nantinya, atap ini akan berfungsi menyerap tenaga matahari, lalu mengkonversi energi tersebut untuk mengisi batere. Ini menjadi solusi untuk masalah klasik pengisian batere di motor listrik. 

Solar roof juga berfungsi untuk melindungi pengendara dari panas matahari. Ini ide sederhana tapi sangat keren. Sekali mendayung, dua tiga pula terlampaui. 

TVS sudah mulai menggarap project ambisius ini. Dan rencananya, skutik ini akan diperkenalkan di Delhi Auto Show tahun depan (2020).

Pemanfaatan tenaga surya lewat solar roof bukanlah barang baru. Namun untuk berpikir sampai panel surya bisa diaplikasikan ke sepeda motor, rasanya baru TVS yang memulainya. Ini sangat cocok untuk negara tropis dan subtropis seperti Indonesia dan India. 
Advertisement