Cara Ikut Lelang Motor Bekas, Disertai Ilustrasi Prosedur Biar Mudah Paham

Cara Ikut Lelang Motor Bekas, Disertai Ilustrasi Prosedur Biar Mudah Paham
Cara Ikut Lelang Motor Bekas, Disertai Ilustrasi Prosedur Biar Mudah Paham
ilustrasi lelang motor

Mengikuti lelang motor bekas menjadi altenatif baru untuk mendapatkan motor idaman dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu prosesnya pun cenderung lebih aman dan transparan.

Meski memiliki banyak keunggulan, namun tak banyak yang menempuh jalur ini. Ketidak-tahuan mengenai tata cara dan prosedur lelang motor kami yakini sebagai salah satu penyebabnya. Belum lagi ketakutan berlebihan terhadap penipuan. Stigma buruk tentang lelang masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang.

Jika anda tertarik untuk ikutan lelang motor bekas, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar tidak canggung saat mengikuti lelang.

Secara garis besar, proses lelang adalah sama. Langkah-langkah umumnya adalah :
  1. Daftar/Registrasi
  2. Deposit sejumlah dana 
  3. Cek kondisi barang 
  4. Lelang (acara utama)
  5. Lunasi jika menang saat lelang
  6. Bawa pulang motornya.
Setidaknya ada 6 langkah utama dalam mengikuti proses lelang. Terlihat ribet?

Untuk anda yang belum pernah mengikuti proses lelang, mungkin cara di atas terlihat melelahkan. Namun jika sudah dipraktekkan tidak serumit yang anda bayangkan. Beberapa perusahaan lelang motor bahkan sudah menyediakan fasilitas online untuk sebagian langkah-langkah di atas.

Daftar/Registrasi Lelang
Setiap perusahaan lelang memiliki aturan registrasi yang berbeda. Namun saat ini umumnya registrasi calon peserta lelang sudah bisa dilakukan online. Cukup mendatangi situs perusahaan lelang, isi form, dan anda sudah terdaftar.

Cek Kondisi Motor
Jika anda benar-benar serius untuk ikut lelang, ada baiknya anda mendatangi lokasi untuk cek barang. Perusahaan biasanya melakukan open house untuk calon peserta lelang. Anda bisa melihat motor bidikan anda secara langsung. Sekaligus mengecek kondisi motor.

Umumnya penyelenggara lelang sudah menuliskan apa saja kekurangan motor di atas kertas laminating. Mereka juga membagi-bagi motor ke dalam beberapa kelas berdasarkan kondisi motor. Semakin bagus kondisi motor, semakin bagus pula nilai yang diberi (nilai A untuk kondisi terbaik, B kondisi Baik ,C,D dan E untuk kondisi dibawahnya).

Deposit/Uang Jaminan
Setelah mengikuti acara open house di atas dan memastikan ada motor yang cocok dengan anda, barulah setorkan uang jaminan.

Besarnya bervariasi tergantung penyelenggara lelang. Untuk motor umumnya 1 juta rupiah ke bawah.

Hanya peserta yang sudah membayarkan uang jaminan yang berhak mengikuti proses lelang.

Proses Lelang
Pada hari H lelang, penawaran lelang akan dimulai dengan harga dasar. Silakan ajukan penawaran dengan harga yang lebih tinggi jika anda tertarik. Umumnya ada kelipatan nominal dalam mengajukan penawaran.

Contoh : Lelang Honda Vario 150 Tahun 2017, Harga Dasar IDR 9,500,000,-

Ketentuan panitia penawaran minimal kelipatan 100 ribu. Maka peserta bisa menawar dengan lebih tinggi. Misal 9,6 kemudian 9,7 bisa pula melompat langsung ke 10 juta.

Peserta dengan nilai tawaran tertinggi dinyatakan sebagai pemenang lelang dan berhak untuk memboyong pulang motor yang dimaksud. Tentunya setelah melunasi.

Lunasi
Jika anda berhasil memenangkan lelang, maka segera lunasi. Tanyakan kepada panitia, berapa lama waktu yang diberikan untuk peserta melunasi (umumnya 1 minggu atau 5 hari kerja).

Setelah anda melunasi, maka unit beserta surat-surat sudah bisa anda bawa pulang.

Di atas adalah sedikit gambaran tentang tata cara mengikuti proses lelang motor. Hal berbeda bisa anda dapati tergantung siapa penyelenggaranya. Namun secara umum tidak akan jauh berbeda dengan paparan di atas. 

Bagaimana caranya tidak tertipu lelang motor :
  • Pastikan kamu mengikuti lelang motor hanya dari lembaga terpercaya yang sudah jelas track record-nya.
  • Mengenai kondisi motor, umumnya pihak penyelenggara transparan dalam memberikan informasi. 
  • Pastikan juga kamu sedikit mengerti tentang teknis motor, jika tidak bawalah mekanik atau orang yang mengerti motor. 

Untuk memudahkan anda, penjelasan di atas bisa pula anda lihat pada ilustrasi lelang motor bekas di bawah ini.

ilustrasi dan flow chart lelang motor bekas


Oh iya..., ada beberapa pertanyaan umum tentang lelang motor. Contohnya seperti ini :

Jika tidak menang lelang, apakah uang jaminan akan dikembalikan?
Tentu saja, uang akan dikembalikan kepada peserta. Tapi perlu beberapa hari untuk proses pengembalian. Umumnya akan ditransfer kembali ke rekening asal.

JIka menang lelang, tapi tidak sanggup melunasi. Apakah uang jaminan bisa diminta kembali?
Tidak bisa. Uang jaminan akan hangus.
Advertisement