Generasi Lengkap Yamaha RX King, 2019 Spare Part Distop

Generasi Lengkap Yamaha RX King, 2019 Spare Part Distop
Generasi Lengkap Yamaha RX King, 2019 Spare Part Distop
Generasi RX King Lengkap

Generasi RX King - Yamaha RX pertama kali diperkenalkan di tahun 1980. Saat itu motor ini masih berlabel RX-K tanpa embel-embel King. Kehadiran motor ini ke Indonesia saat itu ditujukan untuk melawan dominasi Honda GL Series.

Masa bakti RX King di Indonesia cukup panjang. Bermula di tahun 1980 dan berakhir di tahun 2008. Si motor 2 tak harus menghadapi kenyataan pahit untuk distop penjualannya akibat regulasi emisi.

Baca Juga : Generasi Yamaha Vixion Terlengkap

Cukup banyak generasi RX yang muncul, namun secara garis beras RX King dapat dikelompokkan berdasarkan generasi berikut ini :

RX-K Generasi Awal (RX K125)
RX King Generasi Pertama
Pada generasi ini, motor masih diimpor utuh dari Jepang. belum ada embel-embel King pada generasi RX ini. Masa baktinya pun terbilang singkat, yakni antara tahun 1980-1983 saja.

RX King Generasi 1983-1991
King Kobra 1983

Penyematan nama King bermula pada edisini. Jika generasi RX-K masih impor utuh dari Jepang, maka pada generasi ini sudah dirakit di Indonesia. Meski dirakit di Indonesia, namun  mesinnya yang berkode Y1 dan Y2 ini masih diimpor utuh dari Jepang.

RX-King generasi ini kerap disebut sebagai King Kobra. Stang motor yang menyerupai leher ular king kobra disebut-sebut sebagai penyebabnya.

RX King generasi ini cukup kental dengan balutan lapisan chrome. Bisa dilihat pada spakbor depan dan belakang, penutup rantai, bagian shock belakang, dan tutup box. Anda juga bisa mengidentifikasi generasi RS King ini lewat swing arm yang masih berbentuk pipa bulat.

RX King Generasi 1992-2001
RX King 2001

Di generasi kali ini RX King sudah dibuat oleh Yamaha Indonesia. Kode mesin RX King tahu ini adalah Y1-74. Desain King pada generasi 1992-2001 tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya.
Perbedaan  yang paling mencolok adalah pada bagian spakbor yang tak lagi menggunakan bahan metal (sudah pakai plastik), dan tidak lagi dilaburi lapisan chrome.

RX King Generasi Generasi Akhir

RX King Tebaru 2008

Ini adalah generasi terakhir sebelum Yamaha memutuskan discontinue pada tahun 2008. Sentuhan modern sudah terasa pada edisi 2002-2008.
Desain yang paling mencolok adalah dengan kehadiran lampu bulat, tidak lagi kotak seperti generasi terdahulu. 

Mesin RX King generasi akhir ini sudah tidak terlalu ngebul lagi dan sudah lulus uji emisi standar Euro 2. Hal ini disebabkan adanya catalic converter pada knalpot. Naasnya, di generasi terakhir ini, tenaga RX King tak seganas edisi terdahulu. 

Akhir Kisah RX King
Tahun 2009 menjadi akhir kisah dari RX King. Uji emisi membuat motor 2 tak bertumbangan. Bahkan saat itu harga bekas motor ini sempat anjlok akibat salah kaprah tentang regulasi motor 2 tak. 

Rumor tentang Yamaha RX King reborn sempat beberapa kali terdengar. Terlebih sudah ada beberapa pabrikan yang berhasil memproduksi motor 2 tak yang lulus uji emisi Euro 4.
Ini membawa angin segar kepada pecinta King, sembari berharap Yamaha mau memproduksi motor ini kembali. 

Tapi sayang Yamaha tak mampu menyanggupi hal itu. Untuk menghasilkan RX King yang lulu uji emisi Euro 4, diperlukan biaya produksi yang tinggi. Hal ini akan berimbas pada harga jual. Yamaha khawatir jika harga jual RX King nantinya terlalu mahal.

2019 Yamaha Stop Suku Cadang RX King
Sesuai dengan kebijakan Yamaha, untuk motor-motor yang sudah discontinued, part hanya akan dijamin hingga 10 tahun.
Itu artinya, di tahun 2019 nanti, Yamaha tidak lagi menjamin ketersediaan part untuk Yamaha RX King sejak discontinued di 2009 silam.

Lantas bagaimana dengan nasib para penunggang RX King?
Mau tidak mau, semua motor akan mengalami hal yang sama. Berani untuk memelihara motor lawas, berarti sudah siap untuk segala kesulitannya. 

Namun bagi pecinta sejati, masalah part hanyalah masalah kecil. Terlebih untuk mereka yang sudah maniak dengan jenis motor. Part substitusi, atau bahkan membuat part sendiri adalah salah satu bentuk kenikmatan memelihara motor legenda.
Advertisement