Motor 250cc 4 Silinder akan Jadi Trend Baru di Masa Depan

Motor 250cc 4 Silinder akan Jadi Trend Baru di Masa Depan
Motor 250cc 4 Silinder akan Jadi Trend Baru di Masa Depan
trend motor 4 silinder
ilustrasi mesin 250cc 4 silinder

Trend Motor 250cc 4 silinder - Dari pabrikan otomotif big four Japan, terhitung hanya Suzuki yang belum bermain di kelas sport fairing 250cc. Pabrikan Jepang lainnya sudah gontok-gontokan di kelas ini. Kawasaki dengan Ninja 250 fi, Yamaha dengan R25 nya, dan yang paling anyar Honda dengan CBR250RR-nya.

Perang model dan fitur sudah tersaji lengkap di kelas ini. Penampilan dan aksesoris ala “moge look” tersaji di kelas seperempat liter. Perang tekonologi pun kental terasa di kelas ini. Yang paling anyar adalah Honda CBR250RR yang mengusung teknologi Throttle by wire.

Honda CBR250RR yang lahir belakangan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kompetitornya. Hal yang cukup wajar, mengingat motor yang belakangan hadir diwajibkan harus lebih superior dari motor yang sudah lebih dulu hadir.

Dengan begini, tak butuh waktu lama untuk Honda CBR250RR untuk merajai penjualan sport 250cc. Tampak pada tabel penjualan berikut, Honda CBR250RR mengambil alih puncak pimpinan.

Lantas bagaimana peta persaingan selanjutnya. Akankah tetap berkutat di sektor penampilan dan teknologi dan fitur pendukung?

Segelintiran info menjawab, bahwa peta persaingan di segmen ini tak lagi berkutat di situ. Perang berikutnya adalah di sektor jeroan mesin. Diduga kuat, pabrikan akan melompat menghadirkan sport 250cc dengan jumlah silinder yang lebih banyak. Tak bisa dipungkiri, persoalan jumlah silinder masih menjadi magnet kuat yang menarik hati para biker. Terbukti dengan tidak dipandangnya lagi sport 250cc single cylinder (jomblo).

Seperti biasa, Kawasaki yang rutin menjadi pionir pun tidak menampik akan adanya pengembangan mesin 250cc 4 silinder. Meskipun terkesan menutupi, namun rumor kuat akan hal ini kerap muncul ke permukaaan. Dengan gebrakan ini, bisa saja tahta sport 250cc akan kembali ke pangkuan geng ijo.

Baca Juga : Kawasaki Balius 250cc 4 Silinder

Yamaha pun terlihat tidak tinggal diam dengan merosotnya penjualan R25. Dari data AISI, hingga Juli 2017 Yamaha R25 hanya berhasil terjual 970 unit. Berbandin terbalik dengan Honda dan Kawasaki yang bermain di angka lima ribuan unit.

Seperti tak mau ketinggalan, Yamaha pun dikabarkan memiliki project besar untuk New R25. Segelintiran info menguatkan bahwa Yamaha sedang menyiapkan mesin 3 silinder untuk New R25 mereka. Disebutkan bahwa Yamaha sedang melakukan riset mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft.

Dari paparan di atas, jelas semakin seru saja persaingan di segmen ini. Honda CBR250RR yang baru saja memimpin sekan tidak diberi nafas panjang di puncak klasemen. Yamaha dan Kawasaki siap mengintimidasi dengan proyek-proyek ambisiusnya.

Bagaimana dengan Suzuki? Nampaknya Suzuki masih sedang menikmati penjualan varian GSX 150 cc nya.
Advertisement