Kapan Yamaha XSR 155 Retro Masuk ke Indonesia?

Kapan Yamaha XSR 155 Retro Masuk ke Indonesia?
Kapan Yamaha XSR 155 Retro Masuk ke Indonesia?

Yamaha XSR 155 secara resmi sudah dipasarkan untuk market Thailand pada Agustus 2019. Lantas pertanyaan yang banyak muncul adalah " kapan Yamaha XSR 155 masuk ke Indonesia?".
Wajar saja, pasar motor retro di Indonesia sedang naik daun, So,,, harapan biker Indonesia akan kehadiran Yamaha XSR 155 ke Indonesia kian meninggi.

Timing Kehadiran Yamaha XSR 155 ke Indonesia

Untuk menjawab hal ini, tentu belum ada tanggal yang pasti sebab Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih seperti "malu-malu kucing".
"Ya itu punya pangsa tersendiri ya. Ini buat mereka yang mau beda, yang antik-antik. Kalau kami mengeluarkan produknya lagi, ya mengikuti perkembanganlah," tutur Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation YIMM.
See? Jawaban YIMM perihal kans Yamaha XSR 155 masuk ke Indonesia sangat diplomatis. Tidak mengiyakan namun tidak menampik kemungkinan itu ada.

Terlebih lagi motor retro masih terbilang segmented di Indonesia, meski belakangan ini naik daun lewat kehadiran Kawasaki W175.
Tapi jika berbicara soal pasar yang segmented, bukankah Yamaha Xabre dan MT-15 itu juga memiliki pangsa pasar yang segmented, lantas apa bedanya?

So jawaban YIMM soal pasar XSR 155 yang terlalu segmented terbantahkan dengan sendirinya. Kami memprediksi jika motor neo retro ini masih memiliki kans untuk hadir ke Indonesia.
Dan jika kita lihat ke pasar Eropa, mereka juga kebagian motor ini dalam rupa Yamaha XSR 125. Artinya motor ini adalah produk global, dan tentu terlalu sayang melewatkan gurihnya pasar motor di Indonesia.


Soal waktu peluncuran, Thailand biasanya kebagian jatah terlebih dahulu dibanding Indonesia. Mari kita ambil contoh kasus Yamaha Xabre/M Slaz dan Yamaha MT15. Setidaknya ada rentang waktu antara 3 hingga 5 bulan antara jadwal rilis di Thailand dengan Indonesia. (Dalam hal ini kami tidak bermaksud memastikan bahwa paling lama 5 bulan lagi Yamaha XSR 155 rilis di Indonesia).

Mari kita anggap ancang-ancang/prediksi kehadiran XSR 155 ke Indonesia sudah sedikit terkuak, meski tak bisa dipastikan 100 persen benar. Sekarang mari kita prediksi harga yang akan dibanderol untuk motor neo retro ini seandainya masuk ke Indonesia.

Prediksi Harga Yamaha XSR 155 Jika Masuk ke Indonesia

Di Thailand sana, Yamaha XSR 155 dijual dengan harga 91,500 Baht atau setara dengan 42 juta-an rupiah. Wow..., sungguh harga yang cukup fantastis untuk sebuah motor retro dengan basis Yamaha Vixion.

Tapi tunggu dulu. Mari kita lihat harga Yamaha MT-15 dan Xabre, kedua motor ini juga sama-sama dijual baik di Thailand maupun di Indonesia. Saat rilis di Thailand sana , kita juga dibuat terkejut dengan harganya yang termasuk mahal jika dirupiahkan. Namun saat masuk ke Indonesia, justru harganya jauh lebih murah.
Untuk lebih mudahnya dapat anda lihat pada tabel di bawah ini :

Dengan asumsi YIMM mengikuti pola di atas, maka terbuka lebar jika harga Yamaha XSR 155 di Indonesia tak akan semahal harganya di Thailand.

Tulisan di atas adalah opini kami belaka yang kami analisa dari data yang berhasil kami himpun. Kemungkinan meleset tentu terbuka lebar, namun seperti harapan kita bersama, Yamaha XSR 155 bisa hadir ke Indonesia untuk memberi warna baru pada dunia permotoran di tanah air.
Advertisement