Beli Motor Tunai Dipersulit, Ikuti Tips Ini!

Beli Motor Tunai Dipersulit, Ikuti Tips Ini!
Beli Motor Tunai Dipersulit, Ikuti Tips Ini!
beli motor cash ditolak

Beli motor dengan tunai atau kontan dipersulit - What??? Apa dealer nya nggak mau duit? Begitu kira-kira pemikiran kita saat niat untuk membeli motor secara sulit malah "seakan" dipersulit atau bahkan ditolak oleh pihak dealer. 

Sebenarnya apakah dealer tidak menerima pembelian motor secara cash/tunai?

Pada dasarnya dealer tetap menerima pembelian motor secara tunai, namun di lapangan ada saja ulah oknum sales nakal yang ingin mencari keuntungan sepihak. Mereka akan mengarahkan kita untuk melakukan pembelian secara kredit. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan komisi penjualan yang lebih besar. 

Ulah oknum sales nakal inilah yang menimbulkan kesan jika membeli motor dengan tunai itu akan dipersulit. Padahal pabrikan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi konsumen untuk membeli motor secara tunai maupun kredit.

Trik yang dilakukan oknum sales nakal ini biasanya untuk motor dengan status "motor terlaris" dan untuk "motor yang baru saja dirilis". Mereka memanfaatkan keterbatasan stock dengan dalih inden dan mempermainkan nomor antrian inden. Yang membeli secara kredit lebih diprioritaskan ketimbang konsumen yang akan membeli secara cash. 

Beberapa kasus sulitnya membeli motor secara cash pernah disoroti. Contohnya seperti kasus Yamaha Byson, Yamaha Nmax, Honda PCX dan Honda Scoopy. Keempat motor ini sempat menyandang status terlaris dengan inden mengular. Kondisi seperti ini dengan cepat direspon dengan ulah nakal segelintir sales nakal. 

Tips Beli Motor Tunai Jika Dipersulit

Apakah anda termasuk salah satu korban sales nakal yang menolak pengajuan pembelian sepeda motor anda secara tunai?

Jika iya, tips-tips berikut ini bisa kamu coba. Kemungkinan akan berhasil, namun tetap saja membutuhkan usaha.  

Cek Website Resmi Pabrikan

Manfaatkan HP anda untuk melakukan pengecekan di situs resmi pabrikan. Catat nomor layanan customer dan email-nya. 

Hal ini untuk jaga-jaga siapa tahu anda sial bertemu dengan sales nakal saat di dealer nantinya. 

Datanglah ke Dealer Resmi


Sebisa mungkin lakukanlah pembelian di dealer resmi, jangan dari perantara. Saat di dealer resmi, usahakan bertemu dengan sales resmi berseragam. Bukan calo-calo yang mencoba peruntungan. 
Katakanlah dengan tegas ke sales maksud anda untuk membeli motor secara "TUNAI".

Beli Tunai di Pameran Motor


Cara ini terbukti ampuh, terutama untuk ajang pameran motor besar seperti IIMS, GIIAS, atau Jakarta Fair. Ah...., bersyukurlah anda para rider yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. 
Di ajang besar seperti ini kamu tidak akan menemui oknum sales nakal. Pihak pusat tiap pabrikan memberikan perhatian khusus untuk ajang besar seperti di atas. 
Kelebihan lainnya membeli motor secara tunai di ajang pameran adalah promo yang menggoda. 

Hubungi Layanan Konsumen

Jika anda menjadi korban dari ulah oknum sales nakal, hubungi lah layanan konsumen lewat telepon dan email. Tuliskan kronologi di email secara urut dan gamblang (nama dealer, lokasi, waktu kejadian dan nama sales yang melayani).
Meski tidak instant langsung mendapatkan respon, namun percayalah jika hal ini tetap di follow up oleh pihak pabrikan. 

Sabar Menunggu Antrian Inden


Beberapa motor memang mengharuskan kamu masuk daftar antrian alias inden. Hal ini biasanya terjadi pada motor baru atau motor yang sangat laris, dimana jumlah demand lebih tinggi dari pada supply. Hal ini bisa dimaklumi mengingat terbatasnya kemampuan produksi dari tiap-tiap pabrikan. 

Sambil menunggu antrian inden, tetaplah follow up ke sales yang melayani anda. Manfaatkan pula jalur antrian online (beberapa pabrikan pernah membuka keran inden lewat jalur online). 

Lirik Motor dengan Status Non Anyar/Non Terlaris


Ini adalah langkah terakhir jika anda tidak mempunyai cukup waktu dan kesabaran untuk mengikuti tips di atas. Motor dengan status "bukan motor baru rilis" dan "bukan motor terlaris" umumnya tidak sulit dibeli dengan cash. 
Stock di gudang cukup melimpah (dibaca menumpuk), jadi dengan kondisi ini pihak sales tanpa beban akan "megiyakan" kemauan anda untuk membeli motor secara cash. 

Jika Terpaksa Tidak Bisa Beli Motor dengan Tunai

tips jika beli motor cash ditolak

Dan jika sudah sangat terpaksa anda harus dan rela melakukan pembelian secara kredit, pilihlah pihak leasing terpercaya. Dan usahakan pilih skema dengan Uang Muka terbesar dan Jangka Waktu Kredit tersingkat. 
Hal ini agar anda tidak rugi-rugi amat. Dengan uang muka yang besar dan termin yang singkat, bunga cicilan akan semakin sedikit. 

Demikian sob tips agar bisa membeli motor secara cash alias tunai. Work atau tidak work nya tergantung kemampuan anda di lapangan. Dan tentu saja tergantung nasib berpihak kemana. 
Advertisement